Dalam menjalankan sebuah bisnis, salah satu hal yang paling
penting untuk diperhatikan adalah bagaimana seorang pemimpin atau pemilik
bisnis menentukan arah atau strategi pemasaran untuk bisnisnya. Mengapa
demikian? Karena, perencanaan untuk strategi pemasaran akan menjadi ujung
tombak sekaligus penentu utama dari sukses tidaknya sebuah peluang bisnis.
Oleh sebab itu, langkah-langkah dalam membuat strategi
pemasaran sangatlah penting demi memaksimalkan kinerja bisnis tersebut.
Strategi pemasaran tersebut dapat meliputi tahapan yang akan dilaksanakan dalam
bisnis untuk menarik minat para konsumen.
Berikut adalah beberapa langkah membuat strategi pemasaran
yang perlu dipersiapkan.
Pertama, mental. Sikap mental yang baik dari pelaku bisnis
sangat dibutuhkan dalam berbisnis. Sebab, membuka bisnis sama halnya dengan
membuka faktor resiko. Para pelaku bisnis yang tidak mampu menanggung resiko
tentu saja akan menemukan sebuah kesulitan atau kendala dalam memajukan
bisnisnya.
Kedua, selektif Dalam Membuat Keputusan. Memilih jenis
bisnis apa yang akan dijalankan tentu saja tidak dapat sembarangan, semuanya
itu membutuhkan pertimbangan. Faktor resiko juga perlu menjadi pertimbangan.
Selain itu, peluang yang ada, persaingan, keadaan lingkungan sekitar tempat
bisnis juga harus menjadi pertimbangan yang dimatangkan sebelum memilih jenis bisnis
yang akan Anda jalankan.
Ketiga, menyusun strategi bisnis. Poin yang satu ini
merupakan tonggak atau penentu utama dari bisnis Anda. Sama halnya dengan Anda
menentukan akan dibawa kemana bisnis tersebut ke depannya. Untuk memulai
langkah-langkah dalam membuat sebuah stretegi pemasaran bisnis, yang harus Anda
matangkan sebagai strategi bisnis adalah :
Penawaran Produk atau Promosi
Langkah ini merupakan strategi jitu untuk memasarkan produk
bisnis Anda. Dengan melakukan tahapan promosi yang baik, hal itu tentu saja
akan menarik minat konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan. Promosi yang
tetap mengutamakan kenyamanan sebagai bagian dari target bisnis. Namun, tidak
terkesan mengganggu maupun memaksakan target penjualan. Promosi yang sehat dan
bisa menarik konsumen dengan cara penawaran yang santun tentu akan lebih
disukai.
Tingkat Kreativitas
Dalam melakukan sebuah promosi, tingkat kreativitas dari
pelaku bisnis tentu sangat berpengaruh. Jika cara berpromosi yang Anda lakukan
sama dengan bisnis-bisnis lainnya, tentu saja ketertarikan dari para konsumen
tidak akan maksimal. Namun sebaliknya, jika Anda menambahkan unsur kreatif
dalam bisnis, seperti tertuang dalam desain label dan juga spanduk yang berbeda
dan lebih kreatif dari lainnya tentu saja dapat menarik perhatian target pasar
Anda.
Inovatif
Pembaruan demi pembaruan tentu saja sangat dibutuhkan untuk
terus menerus menarik minat konsumen. Jika strategi pemasaran yang Anda lakukan
dari waktu ke waktu begitu-begitu saja maka dapat dipastikan bahwa konsumen
Anda akan mengalami kebosanan. Namun, jika strategi yang Anda gunakan selalu
memberikan inovasi-inovasi yang membangun, tentu konsumen akan terus tertarik
pada bisnis Anda.
Keempat, evaluasi. Setelah Anda menjalankan beberapa langkah
dalam membuat strategi pemasaran yang baik, dan bisnis sudah mulai berjalan.
Sekarang sudah saatnya Anda melakukan evaluasi terhadap strategi pemasaran yang
telah dijalankan. Hasilnya strategi tersebut efektif atau tidak dan berhasil
secara optimal atau tidak. Dengan begitu, mudah bagi para pelaku bisnis untuk
mengetahui letak kelemahan dan juga kekuatan dari bisnis Anda tersebut.
Kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak terlepas dari
strategi pemasaran maupun promosi dari perusahaan. Semoga informasi tersebut
diatas bermanfaat.
Sumber:http://bisnisukm.com/langkah-sukses-dalam-membuat-strategi-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar